Kamis, 10 September 2015

Seruling Laut di Pantai Klayar Pacitan


Satu lagi kekayaan alam Indonesia, Pantai Klayar, letaknya di Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Menuju ke pantai ini, Anda mesti melewati jalan yang berkelok-kelok dan naik-turun. Sayangnya lagi, kondisi jalanannya belum terlalu baik. Barulah, mendekati area pantai, ‘perjuangan’ perjalanan Anda mulai terbayar. Anda akan disuguhi pemandangan perbukitan, tebing-tebing batu, stalaktit dan stalakmit dalam gua nampak dari kejauhan.

Tiba di pesisir pantai, Anda akan disambut dengan batu karang dan deretan pohon kelapa. Airnya biru, jernih sekali. Pemandangan tak biasa lainnya adalah semburan air dari sebuah celah batu. Ketika ombak besar datang, air akan menyembur hingga sepuluh meter, tampak seperti buatan. Selain itu, semburan air ini juga menimbulkan bunyi, makanya, keunikan ini sering disebut dengan seruling laut.

Meski berpasir putih bersih, pemandangan yang memesona, ombak yang deras menjadikan pengunjung dilarang berenang di kawasan ini. Demi alasan keamanan Anda juga, kan?. Tenang, meski tidak bisa berenang di sini, menikmati pemandangan bukan satu-satunya yang bisa dilakukan di kawasan ini, Anda bisa berkeliling, menjelajah karang, mencari kerang-kerangan, bintang laut atau bersantai di pondok sambil minum air kelapa.  Bagi Anda yang suka memotret, atau dipotret, nah, lokasi ini pas untuk Anda.

Pantai ini memang belum terkenal seperti pantai lainnya, mungkin itulah, alasan mengapa fasilitas wisata di kawasan ini belum memadai, padahal, pengunjungnya bisa dikatakan tak pernah sepi. Masyarakat di sini sudah tentu mengharapkan adanya perbaikan.

Pemandangan terbaik tentu saja jika dinikmati dari atas bukit, tapi Anda harus ekstra hati-hati jika naik ke sini, yaKira-kira, ada objek wisata apa lagi, ya, yang seru untuk dikunjungi di Pacita ini?

Image: artebia

Baca juga:
Kastel Indah di Dunia yang Memikat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar