Rabu, 02 September 2015

Danau Tiga Warna yang Mengundang Decak Kagum


Gunung Kelimutu bertempat di Desa Pemo, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Gunung berapi ini memiliki tiga danau kawah indah yang bakal membuat Anda berdecak kagum di bagian puncaknya. Masing-masing memiliki warna air yang berbeda, yaitu merah, putih dan biru, itulah sebabnya, mengapa danau-danau indah ini, juga dikenal dengan nama Danau Tiga Warna. Uniknya lagi, terkadang warna danau tersebut bisa berubah-ubah.

Danau-danau ini juga memiliki cerita dibaliknya. Dimulai dari namanya, yang berasal dari kata “keli”, yang artinya gunung, dan kata “mutu”, yang bermakna mendidih. Mungkin hal ini disebabkan oleh kepercayaan masyarakat setempat, yang meyakini adanya kekuatan dahsyat dari masing-masing danau.

Kemudian, berdasarkan warna. Danau yang warnanya biru, Tiwu Nuwa Muri Koo Fai, diyakini sebagai tempat berkumpulnya jiwa dari muda-mudi yang sudah meninggal dunia. Ke dua, danau merah atau Tiwu Ata Polo, yang dipercaya sebagai tempat berkumpulnya jiwa dari orang-orang yang sudah meninggal, yang semasa hidupnya sering melakukan kejahatan. Terakhir ialah danau yang berwarna putih atau Tieu Ata Mbupu. Danau ini juga diyakini sebagai tempat berkumpulnya jiwa orang tua yang sudah meninggal.

Kepercayaan lainnya, jika suatu saat warna danau berganti, maka mereka mesti memberikan sesajen bagi jiwa-jiwa yang telah meninggal tersebut.

Keunikan dan keindahan warna danau-danau ini tak cuma mengundang wisatawan, tapi juga para peneliti. Setelah menempuh perjalanan melalui anak tangga, maka saksikanlah keindahan alam di depan mata Anda. Untuk pemandangan yang maksimal, datanglah pada pagi hari, di bulan Juli dan Agustus..

Tidak cuma keindahan danaunya, kawasan Gunung Kelimutu juga memiliki jenis flora dan fauna yang bakal jarang Anda temui di daerah lain, misalnya, kayu merah, pohon pinus dan bunga edelweiss. Tak ketinggalan, ayam hutan, burung elang, rusa dan lain sebagainya.

Area wisata ini mamadai. Kawasan ini menyediakan pondok-pondok, toilet, rumah makan dan tempat penginapan. Jadi, Anda bisa menetap sejenak untuk menyaksikan keindahan Danau Tiga Warna ini hingga puas. Jangan lupa, untuk menjaga kebersihan daerah ini.

Image: komodonews.info

Baca juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar